TUGAS 6

MC DONALD’S

Latar Belakang Mc Donalds
Mc donald’s pertama kali didirikan pada tahun 1937 oleh Richard & Maurice di Pasadena. Pertama kalinya restoran Mc donald’s masih memakai konsep Drive In, konsep ini terkenal pada saat itu. Mc donald’s memiliki logo yang berbentuk huruf M dan berwarna kuning. Logo ini dibuat agar lebih diingat oleh pengunjung dikarenakan simple dan mudah diingat. Logo ini bernama The Golden Arch. Banyakya kesulitan yang dihadapi saat memiliki konsep drive in maka pada tahun 1955, inilah tahun pertama Mc donald’s menggunakan konsep Fast Food.
Restoran ini menerapkan sistem waralaba dimana sudah memiliki perjanjian-perjanjian yang mendetail dan didistribusikan penjualannya secara langsung, jadi setiap toko memiliki produk yang dijual sama. Selain itu Mc donalds’s juga menerapkan prosedur operasi standar (Standart Observation Checklist) yang dimana semuanya makanan yang dijual harus memiliki standar yang sama. Mc donald’s juga membuka Hamburger University pada tahun 1961 digunakan untuk pelatihan orang yang akan menjadi waralaba Mc donald’s.
Mc donald’s di Indonesia pertama kali tahun 1991. Indonesia adalah negara yang ke 70 yang memakai waralaba Mc donald’s. Pemiliki Mc donald’s di Indonesia adalah H. Bambang N. Rahcmadi Msc MBA.  Pemiliki Mc donald’s mengikuti training selama 1 tahun dan restoran Mc donald’s pertama kali didirikan di Sarinah Jakarta. Perkembangan yang sangat cepat. Saat ini Mc donald’s memiliki 109 restoran di seluruh Indonesia.


TUJUAN
Tujuan dari McDonald's baik McDonald's Internasional maupun McDonald's Indonesia
adalah :
a.       Suatu sistem yang mampu menyediakan jasa makanan di dunia dengan lebih dari 50.000 restoran.
b.      Brand McDonald's menyentuh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja saat kita melakukan bisnis.
c.       McDonald's sebagai tempat bekerja yang terbaik untuk setiap orang yang ada di seluruh dunia.
d.      Restoran dimana setiap pelanggan tersenyum dan merasa spesial.
e.       Makanan yang paling baik di kelasnya dengan penyajian yang istimewa dan menu makanan yang beragam.
f.       Organisasi yang memiliki hubungan kerja yang baik dan kuat antara pemilik, pemasok barang, dan perusahaan.
g.       Brand yang sukses dan memberikan kontribusi pada pemilik, pemasok barang  dan perusahaan.

 VISI-MISI MC DONALD’S

1.      Visi Perusahaan
Visi dari McDonald's baik McDonald's Internasional maupun McDonald's Indonesia adalah to be the world’s best quick service restaurant experience (Menjadi restoran cepat saji yang paling berpengalaman , paling cepat melayani dan terbaik di seluruh dunia). McDonald's menjadi terbaik dalam artian
a. Untuk McDonald's
Menjadi terbaik berarti menjadikan “The Golden Arches” dipercaya dan dihargai di seluruh dunia.
b. Untuk Pelanggan
Menjadi terbaik berarti melayani pelanggan sesuai dengan QSC&V dan  pelanggan dapat menikmati produk McDonald's yang memiliki keunikan tersendiri pada setiap kunjungan mereka di seluruh McDonald's dan McDonald's dapat membuat pelanggan tersenyum.
c. Untuk Komunitas Di Sekitar McDonald's
Menjadi terbaik berarti membuat mereka bangga atas keberadaan McDonald's di lingkungan mereka karena McDonald's merupakan perusahaan yang memiliki tingkat sosial dan tanggung jawab yang tinggi. Dunia menjadi tempat yang lebih baik karena keberadaan McDonald's.
d. Untuk Pemilik
Menjadi terbaik berarti memberikan peluang untuk mencapai kesuksesan dan mengembangkan modal sebagai pemilik dari bisnis ini dan menjadi rekan kerja yang memiliki kolaborasi kerjasama yang baik.
e. Untuk Karyawan
Menjadi terbaik berarti memberikan peluang, kompensasi kerja yang baik, pengembangan dan pelatihan kerja, dan pekerjaan yang berarti bagi seluruh karyawan.
f. Untuk Suppliers
Menjadi terbaik berarti investasi mereka akan berkembang menjadi bisnis yang profitable bersama McDonald's dan akan menjadi patner terbaik dalam bisnis ini.
g. Untuk Pemegang Saham
Menjadi terbaik berarti berkembang dengan keuntungan yang paling baik dan paling besar pada industry ini.
h. Untuk Alliance Partners
Menjadi terbaik berarti bahwa McDonald's bekerja sama dengan organisasi yang bagus dan dikenal di dunia, seperti Coca Cola, Disney dan The Olympics dalam rangka menjalin kerjasama, memperluas kerjasama, dan mempertahankan kepemimpinan McDonald's.
2.      Misi Perusahaan
Misi dari McDonald's baik McDonald's Internasional maupun McDonald's Indonesia adalah “Memahami tentang misi kami dan bagaimana menjadikannya menjadi kenyataan pada restoran McDonald's”.
PEMBAHASAN
·         KEGIATAN

Produk

MC Donalds merupakan perusahaan yang bergerak pada industry fast food restaurant. Produk yang ditawarkan berupa makanan dan minuman siap saji. Berikut adalah perincian produk yang ditawarkan :

a.       Paket Hemat(PAHE), yaitu merupakan paket yang terdiri dari : 1. Produk makanan dan 1. Produk minuman. Paket Hemat ini memberikan pada pelanggan yaitu harga lebih murah dibandingkan jika membeli dengan harga satuan. Sedangkan bagi perusahaan dapat meningkatkan penjualan produk.

a.       Paket Hemat(PAHE) terdiri dari :
b.      Pahe 1 : Chesee Burger dan Medium Drink
c.       Pahe 2 : Mc Chiken Burger dan Medium Drink
d.      Pahe 3 : Fillet D Fish Burger dan Medium Drink
e.       Pahe 4 : Big Mac Burger dan Medium Drink
f.       Pahe 5 : Doble Chesee Burger dan Medium Drink

b.      Jenis-Jenis Burger, yaitu :
a.       Beef Burger
b.      Spicy Chiken Burger
c.       Double Beef Burger
d.      Big Mac Burger
e.       Fiilet D Fish
f.       Triple Chesee Burger
g.       Beef Prosperity

c.       Paket nasi, yaitu merupakan paket khusus yang dibuat oleh MC Donalds Indonesia, sesuai dengan kebiasaan masyarakat Indonesia yang mengkonsumsi nasi sebagai makanan produk.
a.       Paket (Rice, 1 pcs chiken, medium drink)
b.      Panas special (Rice, 1 pcs chiken, egg, medium drink)
c.       Paket komplit (Rice, 1 pcs chiken, egg, soup, medium drink)
d.      French Fries dengan 4 ukuran, yaitu: Reguler, Medium, Large, Super Size
e.       Hot and cold drinks

Price
Penentuen harga ditetapkan dengan market price yang ditentukan oleh head office Jakarta sesuai dengan daya beli konsumen. Tier adalah penetapan harga sesuai dengan kemampuan daya beli konsumen di lingkungan tersebut. Terdapat tiga macam penetapan harga (tier). Yang penetapannya ditentukan oleh lingkungan dimana restoran MC Donald tersebut berada.

Place
Berhubungan dengan lokasi untuk mendistribusikan produk kepada pelanggan, dimana tempat tersebut harus strategis bagi target pasar yang dituju yaitu sekmen kawula muda dan keluarga.

Promotion
Secara umum, program promosi dari market wide adalah promosi advertising melalui above the line, yaitu iklan TV. Strategi promosi yang dilakukan meliputi:
Promosi Public Relation. Yaitu melalui hospitality dengan memberikan pelayanan yang lebih kepada pelanggan melalui magic moment.
Advertising yaitu melalui above the line : kerja sama dengan stasiun radio local untuk menginformasikan event-event yang diadakan oleh MC donalds. Sedangkan melalui below the line : spanduk, poster, brosur, standing banner, hanging mobile, translite, back drop.
Show case yaitu berupa merchandise Mc Donalds.
Event yang dilaksanakan di Mc Donalds dapat dijadikan sebagai sarana promosi yang merupakan kerja ssama dengan perusahaan-perusahaan lain.
·         Proses
Di tahun 1917
Ray knoc mengawali karirnya sebagai pengemudi ambulans palang merah di tahun 1917, meski saat itu ia belum memenuhi syarat untuk terjun ke medan perang karena usahanya yang baru menginjak 15 tahun.
Di tahun 1954
Ray di kejutkan dengan datangnya pesanan dalam jumlah besar berupa 8 multi-mixser dan sebuah restorant San Bernardino, California. Di sana ia menemukan sebuah restoran yang bersekala tidak terlalu besar namun terbilang sukses yang di kelola oleh Dick dan Mac Mcdonald’s.
Di tahun 1955
Kepada Dick dan Mac Mcdonald’s, Ray mengungkapkan visinya untuk membuka cabang restorant Mcdonalds di seluruh penjuru Amerika. Di tahun 1955, Ray mendirikan Mcdonald’s Corporation
Di tahun 1956
Ray kroc adalah pribadi yang sangat memandang tinggi jiwa kewirausahaan. Hal ini di tunjukan oleh penghargaan-penghargaan yang di berikannya kepada frinchise atas kreativitas individual mereka .
Di tahun 1961
Ray kroc meresmikan sebuah program pelatihan yang bertempat di sebuah restorant baru di Elk Grove Village, Illinois. Disarana platihan yang kemudian dinamai Hamburger University.
·         Keuangan
Pendapatan terkait dengan total penjualan pada tahun 2008 mengalami penurunan yang tidak terlalu signifikan di bandingkan tahun 2007 tetapi dari segi pendapatan di bidang waralaba mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini mungkin di sebabkan karena perusahaan memperluas strategi pemasaran dengan memberikan kekeluasan di berbagai pihak untuk membeli waralaba perusahaan ini. Seperti kita tahu bahwa berbagai produk Mcdonald’s telah banyak di gandrungi oleh masyarakat dunia dari semua kalangan sehingga sehingga tetap menjadi industry yang mempunyai prospek yang bagus. Secara keseluruhan kondisi Mcdonald’s meskipun sudah berada dalam keadaan yang matang tetapi terus melakukan ekspansi untuk memperluas pangsa pasar dan meningkatkan penjualan produk.
Hal ini dapat di lihat dari menigkatnya angka aktivitas investasi yang dilakukan dari tahu ke tahun, tingkat perputaran modal kerja juga sangat cepat menandakan internal perusahaan berkembang dan tidak ada dana yang mengganggur. Kemudian dari segi pengendalian internal pun tentunya semakin meningkat dimana perusahaan dapat menarik investor dengan mudah, ini dapat di lihat dari meningkatnya uang di bidang aktivitas pembiayaan. Sementara itu harga saham perusahaan ini juga mengalami peningkatan menunjukan bahwa respon pasar sangat positif dan tidak banyak terpengaruh adanya krisis global karena seperti di ketahui produk Mcdonald’s merupakan produk pangan yang telah menjadi makanan pokok di berbagai Negara.

·         Hasil

Tabel analisa persaingan McDonald’s dengan KFC
4P
KFC
Mc’d
KETERANGAN
ACTION PLAN
Produk
Unggul
Mempunyai suatu differensiasi
Kualitas yang lebih baik
Price
Unggul
Harga yang terjangkau
Low cost
Place
Unggul
Hampir disemua perusahaan makanan cepat saji
Seluruh segmentasi pasar
Promotio
Unggul
Mempunyai berbagai macam produk
Menggunakan iklan di semua media dan promo
Tabel analisa persaingan McDonald’s dengan produk pengganti
4P
Twister
McWrap
KETERANGAN
ACTION PLAN
Produk
Unggul
Kualitas produk
Menggunakan bahan dan peralatan yang lebih baik dan canggih
Price
Lebih murah
Lebih mahal
Biaya mengalihkan ke produk lain
Place
Unggul
Hampir semua kalangan mengkonsumsi
Meningkatkan distribusi kongsinyasi produk
Promotion
Unggul
Penggunaan iklan untuk promosi
Mengefektifkan iklan di semua media

Kesimpulan
Melihat dari sisi ekonomisnya, Mc Donald merupakan usaha yang berpotensi menguntungkan sehingga baik untuk dikembangkan bagi para pengusaha. Berbagai aspek bersifat menguntungkan kedua belah pihak baik bagi pendiri Mc Donalds dan konsumen sehingga dapat menciptakan kegiatan bisnis yang harmonis oleh karena itu, penulis sangat menyarankan bisnis semacam ini karena unsur “mutualisme” dan dilindungi oleh hukum.



Sumber Refrensi :
http://kardina-budi.mhs.narotama.ac.id/
http://helmy-chimonberbagiilmu.blogspot.com/2012/05/profil-perusahaan-mcdonalds.html

NAMA : Puja Purnama             (26213942)
             Titin Arhaeni Putri      (28213926)
             Vidia Anggun Kirana  (29213137)
KELAS : 1EB03 

Dampak Positif dan Negatif dari Franchise bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia
Dampak Positif :
·         Terbukanya pasar internasional
·         Meningkatkan kesempatan kerja
·         Meningkatkan devisa Negara
·         Meningkatkan kehidupan ekonomi bangsa yang menunjang kehidupan nasional bangsa

Dampak Negatif :
·         Hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri
·         Berkurangnya rasa nasionalisme masyarakat kita terhadap bangsa Indonesia
·         Masyarakat kita khususnya anak muda banyak yang lupa akan identitas diri sebagai bangsa Indonesia, karena gaya hidupnya cenderung meniru budaya barat yang oleh masyarakat dunia dianggap sebagai kiblat.
Keuntungan Frinchise :
•Pengalaman dan faktor sukses
•Bantuan keuangan dari franchising
•Brand nama dan reputasi
•Bisnis sudah terbangun
•Terdapat standar mutu
•Biaya produksi rendah
•Kesiapan manajemen
•Bantuan manajeman dan teknik
•Profit lebih tinggi
•Perlindungan wilayah
•Memperoleh manfaat market research dan product development
•Resiko gagal kecil
•Franchisor memberikan banyak bantuan, kepada franchisee.










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Akuntansi Komparatif Amerika dan Inggris

PERDAGANGAN LUAR NEGERI