TUGAS 4
TUGAS 4
1.
Apa
yang dimaksud dengan pemasaran ?
Jawaban:
Menurut beberapa ahli
tentang pengertian pemasaran yaitu :
v William J. Stanton
Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari
kegiatan-kegiatan bisnis yang di tunjukan untuk merencanakan, menentukan harga,
mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan
jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembali yang ada maupun
pembeli yang potensial
v Philip Kotler
Pemasaran adalah kegiatan
manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses
pertukaran.
v Philip Kotler dan Amstrong
Pemasaran adalah sebagai
suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok
memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan
pertukaran timbale balik produk dan nilai dengan orang lain.
v Pemasaran adalah proses panyusunan
komunikasi terpadu yang bartujuan untuk memberikan informoasi mengenai barang
atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
2.
Mengapa
pemasaran sering disebut sebagai permintaan ?
Jawaban:
Karena pemasaran umumnya dipandang sebagai tugas untuk menciptakan,
mempekenalkan, dan menyerahkan barang atau jasa kepada konsumen dan perusahaan
lain. Para pemasar terampil dalam merangang permintaan akan produk-produk
perusahaan akan tetapi pandangan itu merupakan pandangan yang terlalu sempit
tentang tugas yang dilakukan oleh pemasar. Para pemasar bertanggung jawab atas manajemeen
permintaan. Para manajer pemasaran berusaha mempengaruhi level, pengaturan
waktu dan komposisi permintaan untuk mencapai tujuan organisasi. (Kotler 2003)
3.
Jelaskan
apa perbedaan kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran ? beri
contoh !
Jawabann :
Konsep dasar yang melandasi pemasaran adalah kebutuhan manusia.
Kebutuhan manusia adalah pernyataan dari rasa kehilangan, dan manusia
mempunyai banyak kebutuhan yang kompleks. Kebutuhan manusia yang kompleks
tersebut karena bukan hanya fisik, tetapi juga rasa aman, aktualisasi diri,
sosialisasi, penghargaan, kepemilikan semua kebutuhan berasal dari masyarakat
konsusumen, bila tidak puas konsumen akan mencari produk atau jasa yang dapat
memuaskan kebutuhan tersebut.
Keinginan adalah hasrat akan penawar kebutuhan yang spesifik. Masyarakat
yang semakin berkembang keingingnnya juga semakin luas, tetapi ada keterbatasan
dana, waktu, tenaga dan ruang, sehingga dibutuhksn perusahaan yang bisa
memuaskan keinginan sekaligus memenuhi kebutuhan manusia dengan menembus
keterbatasan tersebut, paling tidak meminimalisasi keterbatasan sumber daya.
Contoh :
Manusia butuh makan, tetapi keinginan untuk memuaskan lapar tersebut
tergantung dari budaya dan lingkungan tumbuhnya. Seperti orang jawa memenuhi
kebutuhan makannya dengan memakan gudeg, sedangkan orang jepang akan memuaskan
keinginannya dengan memakan sushi, dll.
Contoh kebutuhan : Makan, minum, pakaian.
Contoh keinginan : Makan baso saat sedang hujan, minum air dingin saat sedang panas, memakai gaun saat sedang pesta.
Komentar
Posting Komentar